Sekilas Enseval

Dipisahnya fungsi distribusi dari fungsi pemasaran dan produksi PT Kalbe Farma Tbk, didirikanlah PT Enseval pada Oktober 1973 untuk mengelola fungsi distribusi tersebut. Sejalan dengan perkembangan usaha, PT Enseval tidak hanya mendistribusikan produk farmasi saja, namun juga produk konsumen dan alat alat kedokteran. PT Enseval juga menjadi agen dan distributor bahan-bahan baku untuk industri-industri farmasi, kosmetik dan makanan.

Seiring dengan berkembangnya perekonomian di Indonesia, PT Enseval meraih kesempatan untuk melakukan diversifikasi lebih lanjut ke berbagai usaha di luar bidang perdagangan dan distribusi. Pada tahun 1993, manajemen memutuskan untuk kembali ke bidang usaha inti. Dengan demikian, semua kegiatan usaha perdagangan dan distribusi dipindahkan ke PT Arya Gupta Cempaka. Perseroan ini telah didirikan pada tahun 1988 dan selanjutnya, pada 6 Agustus 1993, berganti nama menjadi PT Enseval Putera Megatrading. Pada 1 Agustus 1994, Perseroan tercatat di Bursa Efek Jakarta sebagai PT Enseval Putera Megatrading Tbk.

Kegiatan Perseroan difokuskan pada jasa distribusi dan perdagangan, yang terdiri dari 4 divisi, yaitu:
  • Divisi penjualan dan distribusi produk farmasi;
  • Divisi penjualan dan distribusi produk barang konsumsi, obat bebas dan nutrisi;
  • Divisi pemasaran dan distribusi produk peralatan dan perlengkapan kesehatan;
  • Divisi pemasaran dan penjualan produk kimia bahan baku industri farmasi, kosmetik, makanan dan kesehatan hewan.

Sampai dengan saat ini, Perseroan dan Entitas Anak telah memiliki 76 cabang yang tersebar dari Banda Aceh sampai ke Jayapura, didukung dengan infrastruktur yang sangat memadai guna menunjang kelancaran operasional logistik. Fasilitas ini berupa 3 pusat distribusi berupa gudang besar yang berada di Jakarta, Cikarang dan Surabaya. Masing-masing cabang memiliki gudang dan armada pengiriman serta personil lengkap guna menunjang kegiatan operasional dan keperluan pihak prinsipal serta pelanggan.

Sampai dengan saat ini Perseroan memiliki tujuh (7) Entitas Anak yaitu:

PT Tri Sapta Jaya didirikan pada tahun 1980, dan juga bergerak di bidang usaha distribusi produk farmasi dan kesehatan, berfokus dalam hal memperluas jaringan distribusi farmasi ke pasar bawah dan juga menjangkau ke daerah-daerah yang terpencil. Hingga saat ini PT Tri Sapta Jaya telah memiliki 28 Cabang.

PT Millenia Dharma Insani didirikan pada tahun 2003, dikembangkan dari hanya bisnis apotek menjadi klinik dengan nama Mitrasana. Klinik Mitrasana menyediakan fasilitas kesehatan yang ekonomis dan terintegrasi. Dengan visi menjadi klinik pilihan keluarga Indonesia dengan pelayanan prima dan harga terjangkau, hingga saat ini PT Millenia Dharma Insani memiliki 10 Klinik di area Jakarta dan sekitarnya.

PT Enseval Medika Prima didirikan pada November 2007 sebagai langkah Perseroan untuk memfokuskan kegiatan usaha di bidang pemasaran dan perdagangan alat kesehatan di bawah Entitas Anak yaitu PT Enseval Medika Prima. PT Enseval Medika Prima selain menawarkan jasa distribusi juga menjadi penyedia jasa pemasaran alat-alat kesehatan bagi para prinsipal.

PT Global Chemindo Megatrading, Dikarenakan pertumbuhan bisnis bahan baku Perseroan yang pesat, pada November 2007 Perseroan juga mengambil langkah yang penting dengan mendirikan PT Global Chemindo Megatrading dan selanjutnya mengkonsentrasikan penjualan bahan baku di bawah PT Global Chemindo Megatrading pada Oktober 2008. Penjualan bahan baku Perseroan semakin berkembang dengan melakukan penjualan bahan baku ke pelanggan lain selain dari pelanggan dalam grup.

PT Renalmed Tiara Utama, Sebagai langkah diversifikasi jenis layanan dalam bidang kesehatan, PT Renalmed Tiara Utama didirikan pada Juli 2008. Perseroan melakukan akuisisi usaha dari pihak ketiga untuk penyediaan bahan bahan dan mesin hemodialisis bagi pasien gagal ginjal ke banyak rumah sakit dan klinik yang meliputi kendaraan, mesin hemodialisis dan persediaan.

PT Medika Renal Citraprima. Berdiri pada tanggal 24 April 2014. Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap jasa layanan kesehatan, khususnya pada bidang layanan Hemodialisa, maka Perseroan mendirikan anak perusahaan yang bergerak dalam jasa layanan klinik Hemodialisa.

PT Emos Global Digital dibentuk pada tanggal 11 November 2019 sebagai langkah digitalisasi yang dilakukan oleh perseroan untuk menjadi aplikasi B2B yang dapat digunakan bersama-sama oleh eko-sistem terutama prinsipal dan distributor Pharmaceutical & Consumer Health.

PT Mostrans Global Digilog dibentuk pada tanggal 02 September 2021 untuk menunjang bisnis Perseroan, Mostrans merupakan B2B Digital Transportation Platform yang berfungsi untuk menghubungkan ekosistem rantai pasok yang berfokus pada produk Kesehatan.