Sosialisasi mengenai improvement sudah dilaksanakan secara nasional. Training EIT sudah mencapai seluruh cabang.  Improvement diharapkan bisa menjadi budaya di EPM.

Sebagai wujud penghargaan atas improvement yang dilakukan di masing-masing cabang, maka diadakan sebuah acara konvensi. Kegiatan konvensi diawali dengan mengundang seluruh kelompok yang sudah melakukan improvement untuk mengirimkan makalah mengenai perbaikan yang sudah mereka lakukan.

Panitia sebenarnya mengharapkan adanya perwakilan dari setiap cabang EPM.  Namun berbagai kendala yang dihadapi di cabang membuat beberapa tim EIT yang awalnya sering berdiskusi dengan tim training, secara perlahan semakin jarang berkomunikasi.  Menjelang masa pendaftaran konvensi jumlah tim yang berdiskusi semakin sedikit.  Harapan adanya perwakilan dari setiap cabang semakin sulit   terpenuhi.

Akhirnya, pada hari penutupan pendaftaran panitia menerima 26 tim improvement, baik QCC maupun SS. Hampir separuh dari jumlah peserta adalah perwakilan dari cabang  Jakarta 3. Panitia segera menyiapkan penjurian awal terhadap seluruh makalah yang masuk. Berdasarkan penilaian awal ini diputuskan bahwa 8 tim layak mengikuti Konvensi EIT kategori QCC dan 4 tim menikuti Konvensi EIT kategori SS yang relative masih baru di EPM.

Para peserta yang lolos dari seleksi awal diminta untuk mempersiapkan diri menghadapi final konvensi di kantor pusat. Sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan  perwakilan dari masing-masing tim diundang ke Jakarta.  Seluruh tim yang berasal dari luar JABOTABEK dan Bandung sudah hadir di Jakarta sejak tanggal 17 Februari 08 dan menginap di Hotel Grand Cempaka.

Pada hari pelaksanaan, seluruh peserta mendaftar ulang dan mengambil undian untuk menentukan urutan presentasi. Dalam sambutannya, Pak Septanus sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa konvensi bukanlah tujuan akhir dari sebuah improvement. Konvensi merupakan wujud penghargaan terhadap berbagai improvement yang telah dilakukan.

Satu demi satu tim mempresentasikan improvement yang telah  mereka  lakukan. Dua sesi awal merupakan waktu presentasi bagi kategori QCC. Setelah makan siang giliran kategori SS untuk mengemukakan temuan mereka dalam melakukan perbaikan. Tim juri yang terdiri dari Pak Anton Maslim, Pak Agus Tjahjono, Pak Djamarwi, Pak Handi Halim, Pak Juhadi, Pak Karmin dan Ibu Lusy Andajani secara seksama memperhatikan setiap presentasi dan secara bergantian mengajukan pertanyaan  kepada semua tim      improvement.

Setelah semua tim mempresentasikan improvement mereka, dewan juri pun berunding untuk menetukan tim yang layak membawa hadiah 4 juta rupiah untuk QCC dan 2 juta rupiah untuk SS. Ibu Lusy yang menjadi juru bicara tim juri menyampaikan bahwa tim juri bangga dengan presentasi semua tim. Terutama dalam hal berbicara di depan umum, para peserta menunjukkan kualitas yang luar biasa. Daftar pemenang konvensi dapat dibaca di halaman berikut.

Pak Errol sebagai MC acara mengundang para juara untuk tampil di panggung menerima hadiah yang diserahkan langsung oleh Pak Vidjongtius. Kemudian para pemenang berfoto bersama Pak Vidjongtius didampingi  ABM masing-masing.

Dalam sambutan penutupan acara, Pak Vidjongtius menyampaikan harapan agar di konvensi mendatang jumlah peserta semakin banyak, setidaknya sesuai dengan jumlah cabang EPM. Beliau mengharapkan melalui  kegiatan improvement PT Enseval dapat meningkatkan kualitas, produktivitas dan efisiensi dalam pekerjaan. Dengan demikian diharapakan pelayanan yang diberikan PT EPM terhadap pelannggannya semakin baik dan semakin prima. Jika yang lebih baik itu memungkinakan untuk dicapai, maka baik saja tidak cukup. Selamat kepada para pemenang, sampai bertemu di konvensi berikutnya. (sat-red)

PEMENANG KONVENSI EIT 2007
KATEGORI QCC

No

  KELOMPOK            

CABANG

                             TEMA                                

           HADIAH

1

LOENPIA INSTANT

Semarang

Mempermudah Pembacaan Laporan Faktur Cash / Tunai yang belum kembali

RP.  4.000.000,-

2

NEO “DO  IT”

Malang

Menurunkan Retur Bermasalah

RP.  3.000.000,-

3

KHUSUS

Jakarta 3

Menurunkan Waktu Proses Pembuatan TTRB menjadi RMA

RP.  2.000.000,-

4

RITUALISME

Jakarta 3

Mengurangi kesalahan Beda Item dalam Pengambilan Barang

RP.     500.000,-

5

BUSER

Kediri

Mempercepat Proses Penyelesaian Pelunasan Faktur COD

RP.     500.000,-

6

OSCAL

Jakarta 3

Menurunkan Proses Keterlambatan Penerimaan DO SHP hingga siap order

RP.     500.000,-

7

ANGING MAMIRI

Makasar

Mempercepat Proses CN – Return didalam Gudang

RP.     500.000,-

8

WARNA

Jakarta 3

Mempercepat Pencarian Dokumen Kwitansi Klaim

RP.     500.000,-

 

 

KATEGORI SS

No

  KELOMPOK            

CABANG

                             TEMA                                

           HADIAH

1

SUPERBOX

Bandung

Meningkatkan Kapasitas Box Motor

RP.  2.000.000,-

2

LOGISTEAM

Semarang

Mempercepat Quick Ship

RP.  1.000.000,-

3

BIGEL

Semarang

Pengolahan Sampah Organik menjadi Pupuk Kompos Cair

RP.     500.000,-

4

ESTEE LEADER

Surabaya

Menyederhanakan Proses Select Block Realease Hold SO

RP.     500.000,-